Klik Iklan Dapat Dollar

Tutorial Mengedit Bahasa Handphone Sony Ericsson

Setelah kemarin share tentang Cara menggunakan far manager & jdflasher kali ini saya akan share artikel tentang cara mengedit bahasa Interface pada handphone Sony ericsson.Tutorial ini di khususkan untuk ponsel DB2020 tapi DB yang lain pun tidak berbeda.untuk DB yang lain hanya membutuhkan file LNG hanphone itu sendiri yang dapat dicari di google atau lainya.
Sebenarnya ini cuman mengedit bahasa yang sudah ada di HP kita. Disini kita dibebaskan mengganti bahasa yang ada dengan bahasa kita sendiri. Karena kebetulan saya orang Jawa, saya ganti dengan bahasa Jawa. Saya mengganti Walkman dengan WongMlaku, Track ID dengan Nggoleki Judul ,Megabass dengan Mwantebb, dll.HHHE seru kan..OKe cekidot gan

Hal yang dibutuhkan :

1. Frameworks 2.0 terinstall di kompi.

2. LNG editor yang bisa di donlot dimari

3. File .lng dari FS HP kita. Untuk mendapat file bahasa untuk HP kita, cari di 4shared dengan keyword "w660 r8bb001 fs apac" ato "k510 r4ea031 fs apac" untuk tipe2 tersebut. mengambil bahasa dari tipe sama namun firmware berbeda akan berakibat acak-acakan pada bahasa kita nantinya. Setelah mendapat FS yang kita butuhkan, ekstrak file tersebut. Tutornya bisa dilihat disini (link se-indo).

4. Xs++ / Far manager atau alat moding sejenisnya (kalau saya menggunakan Far manager,karena cepat)

5. Waktu luang untuk edit itu bahasa

Berikut Tutorialnya
1. Buka LngEditor dan open file .lng yang ingin kita edit. Disarankan menggunakan id.lng alias bahasa Indonesia karena akan lebih mudah mengeditnya.

2. Akan ada lebih dari 9000 kata/kalimat yang bisa kita edit. Oleh karenanya akan diperlukan waktu yang sangat lama. Tapi untungnya ada fitur find&replace yang akan sangat membantu.

3. Mulailah mengedit. Dan setelah merasa sudah cukup dengan hasil editan kita, save dengan nama sembarang.Tunggu hingga terlihat

4. Buka XS++ atau far manager , masuk ke c:tpa/preset/system/language. Disini kita akan me-replace file bahasa yang tidak kita butuhkan. Dalam hal ini saya mengganti bahasa Vietnam ato vi.lng. Rename file .lng hasil editan kita tadi dengan nama vi.lng kemudian timpakan/drag ke path tersebut.

5. Shutdown XS++ atau far manager, hidupkan HP, masuk ke settingbahasabahasa telepon. Disana akan ada dua bahasa yang bernama sama. Pilih yang baru, dan nikmati bahasa kreasi anda sendiri. Atau ada juga pilihan untuk mengganti nama bahasa kita sesuai keinginan bro smua (ada di akhir).

Disini saya kasih Bahasa Jawa hasil editan saya sendiri. Silahkan dicoba, kalo ada yang kurang berkenan silahkan diedit sendiri. Karena saya juga belum sempat mengganti semua bahasa yang ada. Masih banyak yang tetep Bahasa Indonesia. Tapi maaf khusus w660i r8bb001.
LNG hasil editan saya sendiri : SEDOT DISINI
Catatan Penting :

1. Selalu rename bahasa yang anda gunakan seperti vi.lng , id.lng atau lainya
2. Perhatikan saat menyimpan lng anda ,Kalau ingin lebih gampang save as aja.
3. Jangan tutup aplikasi lng editornya sebelum file lng anda benar benar tersimpan.Lama waktu menyimpan kira kira 10 detik bisa kurang ataupun lebih.Anda dapat menutup aplikasi LNG anda setelah ada notif selesai
4. Selalu cermat
Semoga Bermanfaat

7 komentar:

  1. wah..perlu di coba nanti.....he.e.e.

    BalasHapus
  2. Gan Minta id.lgn & id.t9(yang originalnya dong untuk w660 R8 ane ) coz gak ad bahasa indonya cuma malaysia sma thailan sama vietnam doang ...
    low ad kirim dong file'y d email ngamuk23@gmail.com
    ane cewe gan plissss donk !!!!! tolongin ane gannn


    ### Makasih

    BalasHapus
  3. Untuk LNG ID dan t9 sedot disini
    http://www.mediafire.com/?9w5x312ue711n8m
    http://www.mediafire.com/?itz1bv1qc441j1f
    ,,Uplotan ane sendiri

    BalasHapus
  4. minta yg buat z530i dong bos

    BalasHapus
  5. bro bisa minta id bhasa, ori go hp sony k770i ra?
    Karo software Frameworks 2.0
    d0nl0te neng ngend?

    BalasHapus
  6. untuk yg z530 bisa edit sendiri,kalau db2020 bisa langsung eksekusi file diatas

    Bisa search di google.Kalau bahasa bisa cari dump file nya diisni http://forums.se-nse.net/topic/31608-k770-serbian-language-and-t9/

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...