Sharing Anything

Statistic Blog

FeedBurner

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Pengikut

Senin, 05 September 2011

66 Tahun Merdeka! Apa Arti Merdeka?

| 2 Comments
Sudah 66 tahun orang mengatakan indonesia MERDEKA.
Tapi apakah benar kita telah benar-benar MERDEKA?

Dulu pada 17 Agustus 1945 terjadi sebuah peristiwa bersejarah bagi bangsa indonesia yaitu KEMERDEKAAN,yang menjadikan Bangsa Indonesia terbebas dari belenggu penjajah.
Upaya para pejuang bangsa ini untuk merebut kemerdekaan dari tangan Belanda dan Jepang tidak segampang membalikan telapak tangan.Pejuang harus berjuang sampai tetes darah terakhir untuk mendapatkan kemerdekaan.

Arti Kemerdekaan

Dalam bahasa Inggris :
Independence is a condition of a nation, country, or state in which its residents and population, or some portion thereof, exercise self-government , and usually sovereignty, over its territory.
Jika di translate dalam bahasa indonesia :
Pemerintah menjalankan pemerintahannya secara mandiri,tanpa didekte oleh pihak lain, tanpa mengalami ancaman dan tekanan untuk mengatur kehidupan masyarakatnya.
Dari pernyataan diatas ternyata pengertian KEMERDEKAAN itu sangat sederhana,Tetapi dalam prakteknya sulit untuk di lakukan.

Di usia ke 66 tahun kemerdekaan indonesia ini masih saja ada sebagian masyarakat yang belum merasakan KEMERDEKAAN. Rakyat negeri ini, masih bergelimang dalam kemiskinan dan penderitaan yang teramat menyakitkan. Berapa puluh ribu bayi-bayi di negeri ini mengalami busung lapar, berapa puluh ribu para pejuang yang dulu mandi darah demi kemerdekaan masih berlindung dalam gubuk-gubuk yang kumuh. Berapa juta petani yang terus harus berteriak karena mahalnya harga pupuk dan ketidakberdayaan karena nasibnya sangat tergantung pada tengkulak atau rentenir. Lihat pula guru-guru yang masih harus menjadi tukang ojek demi memenuhi kebutuhan hidup anak istrinya. Buruh pabrik atau kuli yang harus mandi keringat untuk memberi nafkah keluarga.

66 tahun kemerdekaan indonesia apakah yang kita dapatkan? Kemerdekaan sudah kita ikrarkan cukup lama tetapi yang kita dapatkan hanya Kemelaratan, Kesengsaraan, Ancaman, Doktrinasi, Penipuan, live service atau jargon-jargon yang mengatas namakan rakyat, tapi kosong dalam kenyataan.

Bila kita menyadari dan merenungi apa arti sesungguhnya dari KEMERDEKAAN maka, kita sesungguhnya belum merdeka. Kita masih menjadi. Lihatlah KORUPSI, KOLUSI, dan NEPOTISME tetap menjadi hantu yang telah mengakar dan menyebar di seantero negeri tanpa bisa ada yang bisa memberantasnya. Dengan leluasa para koruptor terus mengerat dan mencuri keping demi keping uang rakyatnya.

Haruskah, negeri ini tetap tenggelam dalam perbudakan di alam KEMERDEKAAN yang sudah berusia 66 tahun ini? Haruskah kita terus diperbudak oleh manusia-manusia yang hanya melihat sesuat bagus di atas kertas? Haruskah kita terus berdiam diri?

Kemerdekaan di negeri ini sepertinya, hanya dirasakan oleh rakyat dalam bentuk iring-iringan karnaval serta panjat pinang atau berbagai perlombaan untuk melupak sejenak beban kehidupan. Minimal rakyat negeri ini bisa tersenyum bersama satu tahun sekali ketika mereka memperingati ulang tahun negerinya kemerdekaan negerinya. Namun sesungguhnya mereka mungkin tidak menyadari bahwa negeri ini sebenarnya masih dijajah oleh KORUPSI yang mungkin tidak lama lagi akan menghancurkan negerinya sendiri....!

Kemerdekaan sesungguhnya adalah bila kita sudah bisa merasakan adil makmur secara merata ke seluruh negeri. Adil dalam arti kata merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain tanpa membedakan ras, suku, agama atau budaya. Makmur dalam arti kita sudah bisa hidup dalam kesejahteraan secara materi dan non materi. Adil dan makmur dalam arti kita bisa sejahtera secara moral dan bisa memandang diri dan orang lain sama seperti kita memandang diri kita sendiri!


Jadi,dari pengertian itu kita dapat menyimpulkan sendiri kita sudah merdeka atau belum.

Harapan Ke depan

Secara tidak mengharap banyak oleh negeri Indonesia tercinta ini, semoga kelak Indonesia bisa menjadi negara yang lebih peduli terhadap rakyatnya,Pemerintahnya tidak melakukan KORUPSI,KOLUSI maupun NEPOTISME yang bisa menghancurkan Indonesia.Semoga Indonesia bisa secanggih Jepang, sekeren Korea Selatan, sedamai New Zealand, semaju Perancis dan gak KORUPSI lagi.


Honestly,I Love Indonesia

SMA N 1 Jetis Bantul

Sumber Referensi
KLIK DISINI
KLIK DISINI
KLIK DISINI
Tags :

2 komentar:

  1. Ehm gimana ya yud secara keseluruhan tulisannya tuh udah bagus, tapi aku kurang sependapat sama bagian paragraf terakhirnya, kalau kita cuma menunggu pemerintah untuk melakukan perubahan, kayak non sense gitu, harusnya kalo mau berubah itu mulai dari diri kita sendiri, kapan mau berubah kalo kita cuman nunggu orang lain berubah tanpa melakukan apaapa. Maaf ya kalo komennya sok tau atau gimana, aku cuma menyampaikan pendapat aja. Merdeka

    BalasHapus
    Balasan
    1. okee..mau di perbaikin dulu ahh

      Hapus